Home » » Bukit Campuhan Ubud

Bukit Campuhan Ubud

Written By Bali Teen Adventure on Wednesday, August 5, 2015 | 11:06 AM


Langit biru terhias awan putih pagi itu mengiringi kecerian perjalana para wisatawan, bentangan ilalang hijau pekat berjubel memadati kiri kanan jalan setapak.
Dengan lekukan garis bukit begitu nampak membawa suasana perjalanan yang tak terasa lelah, terpaan angin lembut memaksa ilalang menari-nari menemani riuh daun-daun kelapa yang berderet menjulang tinggi di Bukit Campuhan.
 
Bukit Suci Gunung Lebah nama lain dari Bukit Cempuhan ini, berada di Desa Campuhan, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali.
Selain untuk menikmati keindahan alam dari atas bukit ini, para pengunjung baik dari wisatawan macanegara maupun wisatawan domestik, dapat melakukan aktivitas trekking, pemotretan atau hanya sekedar melancong melepas penat, hal ini tergambar dari perjalanan saat mengunjungi Bukit Campuhan.
 

Bukit Campuhan, berdekatan dengan pusat kota Ubud dan menjadi salah satu alternatif  para wisatawan selain mengunjungi ke puri agung, museum, monkey forest, pasar seni yang ada di Ubud Bali, bukit ini pun punya sebutan lain, ‘Sunset Hill’ biasa wisatawan mancanegara sebut.
Seperti Roberta Giovedi wisatawan asal Napoli Inggris  menyebut Bukit Campuhan,’Sunset Hill’. Roberta menuturkan Ubud Bali banyak tempat yang indah dan nyaman untuk bisa di kunjungi namun bagi diri dan keluarganya pemandangan bagus dapat dinikmati di sini. Tutur Roberta
Sumber yang dapat dihimpun WisatanewsCom bukit ini, mempunyai cerita legenda dan masyarakat adat mempercayai, bukit Campuah adalah “Bukit Suci Gunung Lebah” maka untuk menjaga kesuciannya.
 
Para pengunjung dilarang berbuat yang tidak baik seperti berbuat mesum, membawa narkoba, berkata kotor, membuang sampah sembarangan, membuang puntung rokok berbuat onar.
“Jika hal hal yang dilarang dilakukan maka akan dikenakan sangsi berupa sangsi adat,”
 
Menurut cerita dalam perjalanan suci Rsi Markandya mencari sinar ke Bali, keberadaan bukit lebah menjadi bagian mata rantai dari cerita proses pencarian, sedang  bukit ini entah kenapa dinamai “Bukit Suci Gunung Lebah”.
 
Memasuki kawasan yang dianggap suci dan bersejarah ini tidak dipungut biaya, bukit yang miliki luas lebih dari 10 hektar menjadi tempat favorit para turis di Ubud Bali.
Setiap sore dikunjungi ratusan pengunjung  hanya sekedar untuk melepas lelah, bersepeda, mengambil gambar sambil menunggu waktu yang pas dikala matahari pulang sesuai dengan sebutan nama Sunset Hill.


1 comments :

Unknown said...

menarik banget infonya. makasih kak


Paket Wisata Kawah Ijen