Home » » Omed-omedan, Tradisi unik masyarakat Sesetan,

Omed-omedan, Tradisi unik masyarakat Sesetan,

Written By Bali Teen Adventure on Monday, August 31, 2015 | 2:46 PM


Omed-omedan adalah tradisi turun temurun yang dilakukan oleh Banjar atau kelompok warga Kaja, Desa Adat Sesetan, Denpasar Selatan, Bali.

Tradisi ini digelar satu hari setelah Nyepi dengan peserta pemuda dan pemudi atau lebih dikenal denga Sekaa Teruna Teruni.

Ritual diawali dengan sembahyang bersama peserta omed-omedan dan ada tarian ritual untuk keselamatan, dan menari di area yang akan dijadikan titik acara.

"Sebelum acara dimulai memang dilakukan ritual. Peserta melakukan persembahyangan bersama di pura, dipercikkan air suci, dan memohon keselamatan agar pelaksanaan acara nantinya berjalan dengan baik,"

Salah Pengertian

Tradisi berangkulan antar muda dan mudi secara bergantian dan disiram air. Memang, banyak yang menyalahartikan sebagai ciuman masal antarmuda-mudi.

Tapi kalau dimaknai secara ritual adat ini bermaksud utuk keakraban saja, menjaga kerukunan warga, dan saling kasih sayang.

"Banyak yang bilang ciuman masal. Ya memang kadang ada oknum pemudanya terlalu bersemangat sehingga pemudinya banyak yang malu. Sebenarnya berangkulan, tapi ada saja yang jahil sampai dicium,".

Omed-omedan dibagi menjadi dua kelompok yaitu pria dan wanita berbaris ke belakang dan berhadap-hadapan. Satu-persatu baik pria dan wanita dibopong dan dipertemukan kemudian mereka berpelukan dan disiram air.

Semua peserta mendapatkan giliran secara bergantian.



Sumber-
http://regional.kompas.com/read/2015/03/22/22001211/Makna.Tradisi.Omed-omedan.Bukan.Ciuman.Masal


0 comments :