Home » » Pantai Gunung Payung

Pantai Gunung Payung

Written By Bali Teen Adventure on Saturday, June 6, 2015 | 1:27 PM





Hasil gambar untuk pantai gunung payung kutuh
Menikmati pantai di bali ini, gak ada habis-habisnya. Mulai dari yang paling rame *lirik kuta, sampe akhirnya yang tak bernama sekalipun. Pantai yang akan kubahas kali ini, termasuk pantai yang belum bernama, dan masih belum terjamah sama sekali oleh para kontraktor.



Pantai yang belum bernama ini, dekat dengan Pura Gunung Payung dan jalan masuknya dari Jalan Gunung Payung.

Masih sangat jarang orang yang berkunjung ke pantai ini, dilihat dari keadaan sekitar pas aku datang pertama kali yang terlihat hanyalah ibu-ibu penjual minuman dan camilan ringan. Kami pun parkir di sebelah dia menjajakan jualannya. Ada 1 bale kecil di areal parkir, dan di sebelahnya langsung terlihat anak tangga yang bisa dipake untuk turun ke bawah, ke pantai gunung payung. Bersiap-siaplah, karna lebih dari 300 anak tangga yang harus ditempuh untuk bisa sampai di pantai.

Akhirnya, setelah 300an anak tangga, kakipun bisa menyentuh pasir pantai. Pasir disini putih namun tidak halus. Butirannya besar-besar, mungkin kurang lebih sama seperti butiran pasir di Sundak, Gunung Kidul, Yogyakarta. Setelah sampai di pantai, berjalanlah sejauh mata memandang. Karena di sepanjang pantai, gak ada yang namanya Warung Makan, Restoran, ataupun Hotel. Yang ada hanyalah, rumah penduduk lokal, gua, dan beberapa rumah belum jadi terbuat dari kayu.

Yang bisa dilakukan di pantai ini,
1. Berjalan kaki sejauh mata memandang
2. Ngobrol atau baca buku di gua yang ada
3. Melihat pekerjaan penduduk lokal. Seperti memancing, menjala, panen rumput laut, hingga mengumpulkan bulu babi untuk diambil isinya.

Tidak banyak memang yang bisa dilakukan di pantai ini. Namun, bagi yang sudah lelah dengan ramainya kota, ramainya pantai, sepertinya Pantai Gunung Payung ini bisa dijadikan salah satu alternatif untuk menyepi.

Rute :
Dari arah Kuta, ambil jalan By Pass Ngurah Rai (menuju Nusa Dua / Jimbaran). Perempatan McD & KFC di kanan jalan, belok kanan ke arah Kampus Udayana / GWK. Ikuti Jalan, hingga melewati GWK, kemudian ketemu perempatan (lurus = uluwatu, kanan = pantai balangan), belok kiri (Jalan Pura Batu Pangeh). Ikuti jalan lagi, ketemu pertigaan besar pertama, ambil jalan kiri (Jalan Nusa Dua Unggaran), ikuti jalan lagi hingga nanti ketemu pertigaan (Y) dimana yang ke kanan jalannya lebih kecil, beloklah kanan (Jalan Gunung Payung - Ungasan). Tanya Penduduk sekitar, benarkan menuju ke Gunung Payung? ikut jalan, ketemu perempatan besar lurus saja hingga akhirnya ketemu Pura Gunung Payung, ikuti jalan hingga mentok. Bila di areal parkir ada bale kecil dan anak tangga, berarti anda sudah beruntung menemukan tempatnya :)

Kendaraan :
Untuk menuju lokasi ini, lebih enak menggunakan motor ataupun kendaraan roda empat yang tidak ceper. karna jalan di Gunung Payung saat ini masih belum beraspal. Tidak ada kendaraan umum untuk menuju lokasi ini. 

0 comments :