Home » » Diving in Tulamben

Diving in Tulamben

Written By Bali Teen Adventure on Thursday, August 6, 2015 | 10:43 AM


Tulamben, sebuah desa kecil di Kabupaten Karang Asem bagian utara Bali, berjarak tempuh kurang lebih 100 km dari kota Denpasar. Tulamben bisa ditempuh dalam waktu 2,5 jam dari pusat kota Denpasar dengan kendaraan roda empat atau bis. Selama perjalanan dari Denpasar kita bisa menikmati pesisir pantai selatan bali, Goa Lawah, Candi Dasa, Amlapura yang terkenal dengan pemandangan sawah dan tebing yang memukau.
Mungkin Tulamben adalah salah satu tempat yang cukup unik dari sudut pandang geografis. Tulamben adalah tempat yang kering dan tandus, musim hujan hanya berlangsung umumnya 2-3 bulan saja dalam satu tahun. Berbeda dengan tempat lainnya area Tulamben hanya diguyur hujan umumnya pada bulan Desember, Januari, dan Febuari. Oleh karena itu tanaman kaktus dapat kita jumpai dengan mudah di Tulamben.

Akibat dari letusan Gunung Agung tahun 1963 yang mengeluarkan 300 juta kubik bebatuan maka pantai di areal ini ditutupi oleh bebatuan. Keadaan ini tentunya memberikan keunikan tersendiri bagi ragam flora fauna yang hidup di Tulamben. Berbagai jenis udang dan kepiting (macro) dapat dijumpai hidup di areal Tulamben. Keadaan ini tentunya mengundang perhatian peminat underwater photography dari mancanegara.


Tulamben memiliki banyak spot menarik untuk diselami, salah satunya adalah reruntuhan / shipwreck USS Liberty yang tenggelam tahun 1942 akibat mengalami tembakan torpedo dari Kapal Jepang di selat Lombok. Rencananya kapal tersebut akan di derek ke Singaraja namun tenggelam di Tulamben pada saat perjalanan. Saat ini reruntuhan kapal ini telah ditumbuhi coral dan dihuni oleh ribuan jenis mahluk hidup yang beraneka ragam. Boleh dibilang, dive site yang paling banyak ikan yang bisa kita jumpai di Indonesia adalah di Tulamben, mengapa ? Penduduk setempat menjaga agar seluruh mahluk hidup penghuni teluk tulamben dilarang untuk diambil. Oleh sebab itu kita bisa menjumpai segerombolan ikan yang jumlahnya mencapai ratusan atau bahkan ribuan.

    … Tulamben, nama yang dikenal oleh berbagai diver mancanegara
    Dari hewan-hewan kecil, reruntuhan kapal (shipwreck), sampai coral yang indah
    semuanya ada di Tulamben, tempat dimana kita akan melakukan training scuba…

Tulamben is diveable sepanjang tahun, artinya kapan pun Tulamben bisa diselami secara aman, namun untuk keperluan training beginner, kami sarankan hanya pada cuaca yang baik demi kenyamanan training yang maksimal.


1 comments :

Yukbanyuwangi said...

gila keren banget. jadi pengen kesana